Kompas TV regional peristiwa

Lokasi Temuan Serpihan Diduga Puing Pesawat di Natuna Diperiksa, Ditemukan Juga Pelampung dan Logam

Kompas.tv - 24 Desember 2022, 16:48 WIB
lokasi-temuan-serpihan-diduga-puing-pesawat-di-natuna-diperiksa-ditemukan-juga-pelampung-dan-logam
Petugas Lanud Raden Sadjad saat mengamankan puing diduga mirip badan pesawat yang ditemukan warga di Pantai Air Danau, Sejuba, Desa Sepempang, Bunguran Timur, Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (24/12/2022). (Sumber: Cherman/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

NATUNA, KOMPAS.TV - Aparat kepolisian dilaporkan telah diterjunkan ke lokasi penemuan serpihan yang diduga puing bangkai pesawat di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (24/12/2022). Polisi menyisir pantai di sekitar lokasi ditemukannya serpihan tersebut.

Kapolres Natuna AKBP Iwan Ariyandhy menyebut polisi telah mengamankan serpihan cukup besar diduga puing pesawat yang ditemukan warga pada Jumat (23/12) malam waktu setempat.

"Hanya satu serpihan besar kurang lebih dua meter kali dua meter," kata AKBP Iwan dikutip Antara.

Baca Juga: Warga Natuna Temukan Serpihan Diduga Badan Pesawat di Pantai, Ada Tulisan Seperti Ini

Lebih lanjut, Iwan sekadar mengonfirmasi bahwa benda yang diduga puing pesawat itu ditemukan warga sekitar. Pihaknya belum bisa menyimpulkan apakah serpihan itu betul berasal dari badan pesawat.

"Nanti kan bisa dilakukan penelitian atau penyelidikan oleh ahlinya, lah, tadi pagi dapat laporan kira-kira jam 8.15 WIB. Akan dilakukan penelitian dulu apa yang ditemukan, betul puing pesawat atau ada informasi lain," kata Iwan.

Serpihan yang diduga puing pesawat itu awalnya ditemukan oleh Bujang Rozali di rumahnya di Pantai Air Danau, Sejuba, Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Natuna. Setelah mengamankan benda itu bersama tetangganya, Bujang Rozali menyerahkannya ke pihak berwenang.

Serpihan itu berukuran besar, kurang lebih 2 kali 2 meter. Pada serpihan ditemukan barang dengan tulisan "Push Bates Cargo - Pak" berwarna hitam.

Bagian luar serpihan berwarna putih dan bagian dalamnya menyerupai serat fiber warna kuning.

Dalam serpihan terlihat seperti sarang lebah dengan bahan aluminium coil. Sebagian sisi serpihan terlihat telah ditumbuhi tiram putih.

Kini, serpihan yang diduga puing pesawat itu diamankan di Lanud Raden Sadjad. Ketika dikonfirmasi, pihak Lanud Raden Sadjad belum bisa memberikan keterangan terkait hal tersebut karena masih dalam pengecekan.

Komandan Lanud Raden Sadjad Natuna Kolonel Pnb Jajang Setiawan menyebut barang-barang lain terkait serpihan juga diamankan. Barang-barang itu di antaranya baju pelampung dan satu kepingan logam dengan ukuran kurang lebih satu meter persegi.

"Saat ini puing-puing diduga serpihan pesawat terbang sudah diamankan di hanggar Lanud RSA untuk dilakukan inspection oleh Seksi Pemeliharaan Skadron Udara 52, Lanud RSA," kata Kolonel Jajang.

Baca Juga: Pilot asal Jakarta Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Yunani, Penjaga Pantai Rilis Video Evakuasi


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x