Kompas TV regional berita daerah

BNPT dan Dewan Pers Libatkan Jurnalis Dalam Mencegah Aksi Terorisme

Kompas.tv - 24 Desember 2022, 13:54 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPAS.TV - Puluhan jurnalis di Kota Palu mengikut pelatihan tentang pencegahan paham radikalisme dan terorisme. Pelatihan digelar oleh Dewan Pers Bersama Badan Nasional Penaggulangan Terorisme.

Dalam pelatihan itu, menghadirkan salah satu korban bom di hotel JW Marriot pada tahun 2003, Iwan dalam forum itu, Iwan menceritakan kisahnya selamat dari bom saat hendak lewat dekat lokasi itu.

Selain penyintas bom Marriot, pelaksana tugas ketua Dewan Pers Agung Dharmawiijaya,  anggota Dewan Pers Ninik Rahayu dan Kolonel Laut Setyo Pranowo juga memberikan materi. Setelah itu, dilanjutkan dengan diskusi bagaimana peran pers dalam mencegah berkembangnya paham radiklalisme dan terorisme.

Para pemateri menjabarkan tantangan pers dalam mencegah paham terlarang itu di media social. Dalam beberapa kasus, kelompok itu mulai menularkan doktrinnya melalui media social.

Pelaksana tugas ketua Dewan Pers Agung berharap media dapat berperan mencegah bukan ikut mengglorifikasi aksi terorisme. Selain memberikan pendidikan melalui pemberitaan, media juga dapat memposisikan dalam melawan informasi palsu yang beredar.

#DewanPers #BNPT #CegahAksiTerorisme 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x