Kompas TV regional berita daerah

Peluncuran Prangko Seri PLBN Tahun 2022 di Aceh

Kompas.tv - 23 Desember 2022, 16:36 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Prangko Seri Pos Lintas Batas Negara tahun 2022 resmi diluncurkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Machfud MD di gedung Anjong Mon Mata, Banda Aceh.

Peluncuran prangko ini ditandai dengan pemukulan Rapa’i Aceh, penandatanganan sampul hari pertama dan pengiriman kartu pos ke Kantor BNPP RI. Prangko seri PLBN 2022 itu mengambil latar PLBN Aruk di Provinsi Kalimantan Barat, PLBN Motaain di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan PLBN Skouw di Provinsi Papua.

Peluncuran prangko dilakukan untuk menunjukkan daerah kedaulatan Indonesia, karena di dalamnya terdapat kode Zone Improvement Plan atau ZIP untuk menandakan wilayah. Prangko itu juga mempunyai fungsi administratif untuk perlindungan terutama dari PBB jika terjadi sengketa.

Indonesia memiliki 17.504 pulau dan sekitar 104 di antaranya belum berpenghuni, sehingga tujuan membangun Indonesia dari pinggiran adalah untuk menegaskan penetapan batas wilayah. Seperti Pulau Rondo Sabang yang tidak berpenghuni tetapi ada petugas TNI yang menjaga pulau itu, karena rawan dimasuki orang secara ilegal, pencurian ikan serta rawan pelanggaran keamanan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x