Kompas TV regional berita daerah

Cuan Perajin Lampion Jelang Natal

Kompas.tv - 19 Desember 2022, 17:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Sejak 2 bulan menjelang perayaan Natal, Prasetyo, perajin lampion khas Natal asal Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah kebanjiran order lampion berbagai ukuran dari sejumlah instansi, baik dari pemerintahan maupun swasta.

Lampion buatan Prasetyo ini dibuat menggunakan bahan dari kerangka besi yang dibentuk dan dipadukan dengan kain satin. Salah satu bentuk yang diselesaikan yakni sinterklas lengkap dengan 6 rusa dan patung salju khas Natal yang dapat bergerak.

Menurut Prasetyo, pembuatan lampion khas Natal jumbo dapat diselesaikan dalam waktu 1 hingga 2 bulan, tergantung kerumitannya. Untuk ukuran kecil dapat diselesaikan dalam hitungan hari. 

Jelang perayaan Natal tahun ini, ia mengaku sudah kebanjiran order, baik ukuran jumbo maupun ukuran kecil hingga sebanyak 200 buah lampion. 

“Kalo untuk yang lampion gantung itu puluhan ribu, sedangkan untuk yang jumbo sampai puluhan juta,”kata Prasetyo.

Untuk harga lampion khas Natal buatannya, ia jual mulai puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah tergantung ukuran dan kerumitan. Hingga saat ini pemesanan lampion di tempatnya masih terus mangalir, bahkan orderan datang tidak hanya dari dalam Solo Raya namun hingga luar daerah, seperti Jawa Timur.

#natal #lampion #patungsalju




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x