Kompas TV regional berita daerah

Spesies Terancam Punah, Ribuan Burung Berkicau Dilepasliarkan

Kompas.tv - 19 Desember 2022, 13:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk menyelamatkan spesies burung berkicau yang terancam punah, ratusan siswa SMAN 13 Kota Semarang melepasliarkan 1.013 ekor burung berkicau. Kegiatan bertema Hijau Berkicau ini bertujuan untuk menjaga lingkungan alam terutama di kawasan Mijen, Kota Semarang.

Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati Hari Konservasi Kehidupan Liar Sedunia. Selain itu, Gerakan Selamatkan Spesies Burung Berkicau ini juga sebagai bentuk kepedulian SMAN 13 Kota Semarang untuk terus menjaga lingkungan alam terutama di kawasan Mijen yang dahulu banyak ditumbuhi tanaman serta burung berkicau.

Sejak munculnya perumahan, bertambahnya jumlah penduduk, dan banyaknya warga yang memburu burung berkicau. Dampaknya terdapat pada sulitnya menemui burung liar yang berkicau di alam bebas.

“Generasi masa depan harus kita tanamkan dengan nilai-nilai terhadapkan karakter dan kecintaan terhadap flora dan fauna. Kami kemarin menanam banyak pohon hijau ditambah kegiatan hijau berkicau ini,“ kata Rusmiyanto, Kepala SMAN 13 Kota Semarang.

Kepedulian siswa terhadap lingkungan ini pun mendapat apresiasi dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid).

“Hari ini SMAN 13 Semarang dengan diprakarsai oleh Pak Rusmiyanto, menciptakan rekor baru yaitu pelepasan burung berkicau terbanyak sejumlah 1.013 ekor,“ kata Paulus Pangka, Direktur Leprid.

Kegiatan Selamatkan Spesies Burung Berkicau ini juga dihadiri sejumlah warga yang secara sukarela menyerahkan peralatan tangkap burung liar seperti senapan, jaring, dan alat perangkap lainnya. Spanduk ajakan untuk melestarikan alam dengan tidak menangkap burung liar juga diserahkan kepada warga.

#burungberkicau #sman13 #semarang



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.