Kompas TV regional berita daerah

Masyarakat Gelar Pesta Rakyat Sambut PJ Gubernur Papua Barat Daya

Kompas.tv - 17 Desember 2022, 18:30 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Tarian adat Suku Maybrat dipersembahkan dalam pesta rakyat penyambutan Penjabat Gubernur dan Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad dan Edison Siagian.

Inilah bentuk ucapan syukur masyarakat di Provinsi Papua Barat Daya, mereka menampilkan tarian dari Suku Maybrat untuk penjemputan Penjabat Gubernur Muhammad Musa'ad, yang berlangsung di kawasan Sorpus, Kota Sorong.

Tarian ditampilkan dengan 12 penari perempuan yang berbusana Maybrat serta aksesoris lainnya, mahkota imitasi burung Cendrawasih, manik-manik dan Noken.

Selain itu ada juga penyerahan tongkat yang terbuat dari pohon tah, masyarakat adat menganggap pohon tersebut memiliki makna kekuatan kekuasaan dan tanggung jawab untuk melayani masyarakat.

Tarian adat ini, berasal dari Kampung Facamaf Kabupaten Maybrat. Makna dari tarian ini sendiri sebagai rasa ungkapan syukur atas perjuangan, yang memakan waktu hingga belasan tahun dari usaha para tokoh-tokoh masyarakat adat untuk kehadiran Provinsi Papua Barat Daya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x