Kompas TV regional berita daerah

BMKG Himbau Waspada Cuaca Buruk Jelang Natal Dan Tahun Baru

Kompas.tv - 17 Desember 2022, 18:23 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Mengantisipasi adanya bencana hidrometeorolog badan meteorologi klimatologi dan geofisika Kota Sorong, himbau masyarakat untuk tetap waspada menjelang akhir tahun.

Terdapat pola belokan angin di wilayah Utara Papua Barat dan Papua Barat Daya, sehingga meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah tersebut. Angin yang bertiup dari arah barat daya sampai  barat laut dengan kecepatan tiga hingga dua puluh  knot per jam.

 

Satu minggu kedepan daerah dengan potensi hujan lebat dan angin kencang akan terjadi di wilayah pantai Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Maybrat, Kabupaten Tambrauw, dan Kabupaten Raja Ampat. Tak hanya itu bencana hidrometeorologi juga diperkirakan akan terjadi di beberapa wilayah lainnya seperti Kabupaten Fakfak, Kabupaten Kaimana, Pegunungan Arfak dan Kabupaten Wondama.

 

Untuk mengantisipasi bencana alam hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsong, hujan lebat dan badai guntur serta petir. BMKG menghimbau kepada warga untuk menjaga kebersihan lingkungan, membersihkan saluran drainase, dan hindari pepohonan saat berkendara di tengah hujan lebat serta angin kencang, juga selalu memantau layanan informasi BMKG yang disebarkan melalui kanal-kanal media sosial.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x