Kompas TV regional berita daerah

Wisata Edukasi Usung Konsep Green Fresh Farm

Kompas.tv - 16 Desember 2022, 11:53 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunung Pati Semarang kini tengah mengembangkan Desa Wisata yang kali ini baru di garap Wisata Edukasi dengan mengusung Konsep Green Fresh Farm, Wisata Edukasi ini berbasis peternakan difokuskan pada ternak sapi perah.

 

Wisata Edukasi Green Fresh Farm ini terbentuk hasil peran serta Tim Peneliti Kedai Reka Unika Soegijapranata. Penelitian ini merupakan Program Matching Fund Kedai Reka 2022 yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek.

 

Ketua tim peneliti Dr Elizabeth Lucky Maretha Sitinjak menyatakan pihaknya mengajak masyarakat untuk berkolaborasi termasuk mengharapkan peran dan dukungan Pemerintah dalam pengembangan wisata edukasi ini.

 

Lebih lanjut Elizabeth menegaskan untuk produk olahan susu yang dihasilkan dari sapi perah wisata edukasi GFF ini diantaranya susu pasteurisasi, silky puding, yogurt, es krim. Tim Peneliti Kedai Reka Unika Soegijapranata berharap hasil penelitian dan pengabdian berupa wisata edukasi ini mampu memberikan pengaruh positif terutama dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat.

 

Eduwisata GFF selain memproduksi olahan susu juga mengolah biogas dari kotoran sapi dan panel surya untuk memenuhi kebutuhan listrik di lokasi wisata ini.

 

Pada kegiatan peresmian dan penyerahan wisata edukasi ini turut hadir Lurah Jatirejo musfiati dan Wakil Ketua Yayasan Sandjojo Dr. Koesbintoro Singgih MM serta perwakilan dari Pemkot Semarang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x