Kompas TV regional berita daerah

Rocaku Tanding Lawan GM Novendra dan 11 Pecatur Lain

Kompas.tv - 15 Desember 2022, 13:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV – Grandmaster (GM) catur, Novendra Priasmoro melawan Robot Catur Cerdas Kampus Udinus, Rocaku, pada hari Rabu (14/12/22). Tak hanya melawan GM Novendra, Rocaku juga ditandingkan dengan 11 atlet catur lain lintas generasi.

Sejak diluncurkan pada 5 september 2022, Rocaku sudah melakukan latih tanding dengan banyak pihak, bahkan berhasil mengalahkan dua GM catur yaitu Andi Thamrin dan Novendra.

Meski telah mampu mengalahkan GM catur nasional, namun Rocaku masih akan terus disempurnakan. Setelah sempurna. Nantinya Rocaku akan diproduksi dalam jumlah banyak agar bisa digunakan untuk latih tanding di seluruh Indonesia.

“Pada Grand Launching sudah cukup banyak ya pertandingan tapi untuk Grand Launching kedua ini kita bertanding dengan dua GM,“ kata Guruh Fajar Shidik, Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Udinus.

Sejumlah latih tanding dengan Rocaku ini, sebagai bentuk dukungan kampus terhadap olahraga catur di Jateng dan Indonesia.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Kusni Ingsih, berharap Rocaku bisa ditandingkan dengan pecatur kelas dunia Kasparov. Latih tanding yang dilakukan saat ini, merupakan bagian dari tahapan sebelum melawan Kasparov.

“Kita ini memang sudah agendakan, Pak Rektor minta untuk tanding dengan Kasparov tapi memang ada tahapannya,“ kata Kusni Ingsih.

Rencananya,  setelah pertandingan ini, Rocaku akan kembali dihadapkan dengan GM catur nasional, Susanto Megaranto dan Utut Adianto.

#catur #rocaku #ututadianto



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x