Kompas TV regional berita daerah

Harga Sayuran di Semarang Merangkak Naik

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 13:12 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sejumlah sayuran di pasar tradisional Kota Semarang mengalami kenaikan harga cukup tinggi. Kenaikan tertinggi terjadi pada komoditi tomat dan brokoli yang kenaikannya mencapai 100 persen.

Kenaikan harga aneka sayuran ini terlihat di pasar tradisional Peterongan, Kota Semarang. Sejumlah sayuran mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Kenaikan tertinggi pada harga tomat yang sebelumnya Rp 10 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu. Kenaikan tinggi juga terjadi pada komoditi brokoli yang semula Rp 20 ribu menjadi Rp 40 ribu, bahkan karena nyaris tidak ada pasokan.

Komoditi lain yang juga mengalami kenaikan cukup tinggi adalah cabai jenis rawit hijau yang kini tembus Rp 70 ribu dari harga sebelumnya Rp 50 ribu per kilogram. Bunga kol yang semula Rp 20 ribu, kini naik menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

“Paling mahal ini rawit hijau Rp 70 ribu, biasanya Rp 50 ribu.” Ucap Siti Kastipah, pedagang sayur.

Para pedagang memperkirakan kenaikan harga sejumlah sayuran ini karena terus berlanjut. Selain dikarenakan pengaruh curah hujan yang masih tinggi sehingga menyebabkan petani gagal panen, juga dikarenakan meningkatnya permintaan menjelang Natal dan Tahun Baru.

#sayuran #panen #nataldantahunbaru




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x