Kompas TV regional berita daerah

Pelaku Perusakan Masjid Mengaku Sakit Hati

Kompas.tv - 13 Desember 2022, 18:08 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Terduga pelaku perusakan tempat ibadah Masjid Al Mahfudz berinisial F di Desa Kebonrejo, Kecamatan Salaman, Magelang, Jawa Tengah, telah diperiksa di Mapolresta Magelang.

Plt Kapolresta Magelang, AKBP M Sajarod Zakun menjelaskan, saat ditanya oleh petugas, pelaku mengaku merasa sakit hati terkait masalah ekonomi.

“Pelaku menyampaikan bahwasannya dia kesal, sakit hati terhadap salah satu bank, yang mana sertifikat tanah dan rumahnya dijadikan agungan. Karena belum dilunasi, pihak bank belum mengijinkan. Sehingga terjadi kekesalan, yang dilampiaskan dengan melakukan pembakaran pembatas di salah sau masjid tersebut," Ujar AKBP M Sajarod Zakun.

Saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas, pelaku sering memberi jawaban yang tidak sesuai. Selain itu, dari informasi yang diterima, pelaku pernah menjalani rawat jalan di rumah sakit jiwa. Untuk memastikan, polisi akan mengirim pelaku ke rumah sakit jiwa di Magelang untuk diperiksa kejiwaannya.

“Untuk pasien-pasien yang diduga mengalami gangguan jiwa, kemudian melakukan tindak pidana, biasanya kami akan melakukan prosedur seperti wawancara, kemudian observasi,” Ujar dr. Ni Kadek Duti, Psikiater forensik RSJ Magelang.

Atas kasus tersebut, pelaku bisa dikenai pasal 156 KUHP atau pasal 406 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama 4 tahun.

Seperti yang telah diberitakan, Masjid Al Mahfudz dirusak dan diacak-acak oleh orang tak dikenal. Peristiwa ini terjadi sebanyak 4 kali dalam kurun waktu 5 bulan terakhir, peristiwa paling parah terjadi pada Sabtu (10/12/22) lalu.

#magelang #rumahsakitjiwa #perusakantempatibadah



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.