Kompas TV regional berita daerah

Jalan Menuju Gunung Merapi Ambrol

Kompas.tv - 12 Desember 2022, 17:36 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV- Akibat guyuran hujan dan kebocoran pipa PDAM, jalan utama menuju Gunung Merapi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ambrol. Meski kondisinya membahayakan, namun jalan ini tetap dilewati kendaraan umum dan setengah badan jalan ditutup untuk menghindari adanya korban.

Jalan yang longsor ini berada di Dukuh Mlaran, Desa Nglinggi, Klaten, Jawa Tengah. Jalan ambrol sepanjang 15 meter dengan kedalaman 3 meter. Bila dari arah Kota Klaten, jalan yang longsor berada di lajur kiri. Jalan ini merupakan jalan utama menuju Lereng Merapi, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Menurut keterangan warga setempat, awalnya sebelum longsor, kerusakan yang terlihat hanya berbentuk lingkaran kecil. Namun, saat hujan turun dan dilalui kendaraan berat, jalan menjadi ambrol dan kini kondisinya membahayakan bagi pengguna jalan.

“Kemarin itu cuma berlubang aja terus ada truk lewat jadi ambrol. Itu malamnya sudah diperbaiki terus pagi-paginya sudah ambrol lagi,” Ucap Muhammad Ardan, warga sekitar.

Sementara itu, menurut keterangan Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Sri Winoto, selain karena disebabkan curah hujan, ambrolnya jalan ini juga dikarenakan pipa PDAM bocor dan menggerus tanah.

“Itu jalan utama jadi masih digunakan secara bergantian karena sepanjang kurang lebih 20 meter hanya satu yang bisa dipakai,” Kata Sri Winoto, Kepala Pelaksana BPBD Klaten.

Warga berharap, pihak berwenang segera memperbaiki jalan tersebut yang merupakan jalan utama.

#klaten #jalanambrol #gunungmerapi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x