Kompas TV regional berita daerah

Serombotan, Kuliner Khas Klungkung Bali

Kompas.tv - 12 Desember 2022, 13:04 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Jika mendengar kata serombotan, semua mata akan tertuju pada Kabupaten Klungkung, yang kerap dielu-elukan sebagai Kota Serombotan. Karena, sejak jaman dahulu serombotan adalah sajian kuliner khas dari kota ini.

Serombotan adalah kuliner yang terdiri dari sayur-sayuran yang direbus terpisah, yang disajikan dengan bumbu kelapa dan saos kacang dan sejumlah sayur mentah lainnya. Bisa ditambah dengan nasi dan sambal matah Bali.

Untuk mendapatkan kuliner ini cukup mudah, salah satu penjualanya di areal pasar seni Semarapura Klungkung.  Berjualan lebih dari 35 tahun silam, Ibu Ami masih menyajikan kuliner serombotan dengan alas daun pisang dilengkapi dengan pilihan  tiga jenis nasi, yakni nasi jagung, nasi putih dan nasi sela.

Untuk harga tidak pernah mematok, mulai dari 5 ribu rupiah , kita sudah bisa menikmati sajian enak serombotan Klungkung Bali ini.

Untuk penikmat kuliner serombotan bisa datang dari semua kalangan, baik muda maupun tua di Klungkung terbiasa dengan makan serombotan. 

Daerah pemasaran serombotan tidak serbatas hanya di Klungkung, namun telah menyebar sampai ke daerah  lainnya di Bali.

 

 

 

 

 

#kuliner     #serombotan   #klungkung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x