Kompas TV regional berita daerah

Seniman Disabilitas Melukis Diatas Kaca & Cermin

Kompas.tv - 6 Desember 2022, 13:49 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BANGLI, KOMPAS TV - Memiliki keterbatasan fisik,  tak harus menyurutkan niat seseorang untuk terus berkarya. Di Kabupaten Bangli, Bali, seorang seniman lukis I Wayan Lama, terus berkarya dengan melukis meski miliki keterbatasan fisik.

Jika biasanya ia melukis diatas kanvas, namun kini ia berinovasi dengan melukis diatas cermin dan kaca. Hal ini ia lakukan karena permintaan lukisan kanvas sejak pandemi Covid-19 mengalami penurunan.

Untuk melukis diatas kaca dan cermin, dibutuhkan kesabaran. Tekhnik lukisan yang digunakan wayan lama ini yakni tekhnik lukisan terbalik.

Melukis dengan media cermin dan kaca ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri, diantaranya cat yang susah kering, hingga membutuhkan waktu yang lama.

Dua bulan sudah  Wayan Lama melukis dimedia cermin dan kaca, bahkan saat ini sudah mulai banyak peminat yang datang untuk melukis cermin, dengan berbagai tema, mulai bunga dan binatang.

Dalam sebulan dirinya kini mampu mendapat pesanan lukisan kaca dan cermin tiga hingga 5 buah, dengan harga lukisan berkisaran ribu  ribu keatas,  tergantung besar kecil dan kerumitan lukisan.

 

 

 

 

 

 

#senimandisabilitas  #bangli  #lukiskacadabcermin



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x