Kompas TV regional berita daerah

Jelang Nataru Harga Komoditas Pangan Naik

Kompas.tv - 6 Desember 2022, 11:17 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Harga cabai rawit bontok, saat ini sudah mencapai 48 ribu sampai 50 ribu rupiah perkilogram, dari sebelumnya 35 ribu perkilogram. Cabai keriting 30 ribu rupiah perkilogram, dan cabai merah besar 20 ribu rupiah perkilogram.

Kenaikan harga juga terjadi pada tomat, dari sebelumnya 7 ribu rupiah perkilogram, saat ini naik mencapai 15 ribu rupiah perkilogram.

Selain bumbu dapur, komoditas telur juga mengalami kenaikan harga rata-rata sebesar 10 ribu rupiah. Saat ini harga telur ayam mencapai 52 ribu hingga 55 ribu perkrat. Telur bebek 70 ribu rupiah perkrat, dan telur ayam kampung mencapai 60 ribu rupiah perkrat.

Sedangkan beras juga mengalami kenaikan sebesar seribu rupiah. Dari harga awal 11 ribu rupiah per kilogram, kini menjadi 12 ribu rupiah per kilogram. Selain mendekati Natal dan tahun baru, kenaikan harga juga disebabkan oleh stok yang berkurang akibat cuaca buruk.

Akibat kenaikan harga ini, pembeli pun berusaha menyiasatinya dengan mengurangi jumlah pembelian. Hal ini dilakukan untuk tetap memenuhi kebutuhan pokok di rumah, maupun kebutuhan usaha.

Kenaikan harga ini diperkirakan masih akan terus terjadi hingga hari raya Natal dan tahun baru.

 

 

 

 

 

 

#kenaikanharga #sembako    #natal&tahunbaru



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x