Kompas TV regional berita daerah

Warga Nekat Lewati Jalur Lahar Semeru

Kompas.tv - 5 Desember 2022, 17:24 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Jalur penghubung menuju Curah Kobokan ditutup sementara pasca erupsi semeru. Namun terlihat masih banyak warga yang nekat menyeberang jalur berbahaya tersebut.

Jalur penghubung menuju Curah Kobokan antara Kecamatan Pronojiwo dengan Kecamatan Candipuro ditutup sementara pasca erupsi semeru Minggu (4/12/2022) dini hari kemarin. Ditutupnya jalur ini karena masih dilintasi lahar dingin.

Petugas pemantau mengatakan Minggu (4/12/2022) kemarin awan panas guguran semeru sudah turun selama 27 kali. Puncaknya sekitar pukul 1 siang sudah melewati titik aman. Sehingga demi keamanan, terlebih kondisi cuaca yang tidak menentu, pilihan menutup akses dilakukan, sembari menunggu pembenahan di kawasan Kajar Kuning.

Namun masih banyak warga yang nekat melintas, tanpa menggunakan alat pelindung diri. Terlihat ada warga yang menggunakan sepeda kayuh maupun berjalan kaki.

Selain akses penghubung yang ditutup, aktivitas pertambangan pasir juga ditutup sementara. Masyarakat diminta tetap bersiaga dan melakukan mitigasi, karena masih ada getaran seismo yang naik turun.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x