Kompas TV regional berita daerah

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Bekali Teknik Pengelolaan Anggaran Kepada Tim Pendamping Satker

Kompas.tv - 5 Desember 2022, 16:59 WIB
kakanwil-kemenkumham-sulsel-bekali-teknik-pengelolaan-anggaran-kepada-tim-pendamping-satker
Liberti Sitinjak bekali teknik pengelolaan anggaran kepada tim pendamping Satuan Kerja (Satker) di Aula Kanwil Sulsel (Sumber: humas kanwilkumham sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak bekali teknik pengelolaan anggaran kepada tim pendamping Satuan Kerja (Satker) di Aula Kanwil Sulsel, Senin (5/12). 

"Tim pendamping ini dibentuk sebagai upaya dalam melakukan optimalisasi pengelolaan anggaran di Tahun 2023," ungkap Liberti kepada 42 Anggota Tim Pendamping Pengelolaan Anggaran Kanwil Kemenkumham Sulsel. 

Lebih lanjut, Liberti menjelaskan bahwa per tanggal hari ini, semua anggota tim harus menguasai cara-cara pengelolaan anggaran yang baik, benar, dan transparan. 

"Para anggota tim harus memahami bagian-bagian yang ada pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) mulai dari belanja rutin dan non-rutin di semua Satker Kanwil, yakni Pemasyarakatan, Keimigrasian, dan Balai Harta Peninggalan dan Kurator Negara Makassar," ujar Kakanwil Liberti. 

Selain itu, menurut Kakanwil, tim ini dibentuk agar pengelolaan anggaran di Unit Pelaksana Teknis (UPT) dapat dimonitor dan dievaluasi secara berkala dan dilaporkan setiap triwulan progres capaian dari masing-masing Satker. 

"Adanya tim ini diharapkan dapat mencegah terjadinya penyimpangan, kesalahan dan penyalahgunaan dalam menggunakan anggaran negara," ucap Liberti. 

42 anggota tim pendamping satker terpilih berasal dari JF Pengelolah Barang dan Jasa, dan pegawai pelaksana pada beberapa Sub Bidang pada Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Sementara itu penjelasan teknis terkait rincian masing-masing DIPA Satker dipaparkan oleh Andi Asturi Tenri Banna, pelaksana pada Subag P2L Kanwil. 

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sulsel, Sirajuddin, Kabag Umum Basir, Kasubag Program dan Pelaporan Fajrin T, Kasubag Keuangan Khomaini, dan Kasubag Humas, RB dan TI Meydi Zulqadri.


#pembekalan
#pengelolaananggaran
#optimalisasianaggaran



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x