Kompas TV regional berita daerah

Longsor Dijalan Poros Nasional Majene Mamuju

Kompas.tv - 22 November 2022, 16:10 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAJENE, KOMPAS.TV - Tanah longsor terus terjadi di jalan nasional penghubung kabupaten Majene dan kabupaten Mamuju  sulawesi barat  akibat intensitas hujan yang melanda wilayah ini sejak beberapa hari terakhir. Sejumlah titik longsor terjadi sejak sabtu sore kemarin hingga membuat kemacetan total di jalur lintas barat sulawesi ini  meski  hari ini sudah berhasil di buka  namun kendaraan yang melintas dititik longsor diberlakukan sistem buka tutup  dan juga harus ekstra hati hati saat melintas lantaran jalan lincin dan menyempit serta rawan longsor susulan.

Titik longsor terparah terjadi di wilayah sangiang desa onang  kecamatan Tubo Sendana Kabupaten Majene. Tebing setinggi 30 meter dilokasi ini  kembali ambruk dan menimbun badan jalan sejak sabtu sore dan baru dapat dilalui kendaraan pada minggu pagi 20/11/2022.

Satu alat berat yang diterjunkan dinas pekerjaan umum setempat  sempat kesulitan menyingkirkan material longsor  lantaran material berupa bongkahan batu – batu berukuran besar dan tebing yang rawan longsor.

Menurut polisi akibat longsor ini  ratusan kendaraan dari dua arah sempat macet total selama berjam – jam  alat berat yang  memang disiapkan di lokasi rawan longsor ini bekerja nonstop membukan jalur yang baru bisa dilalui dari satu jalur  hinga sedikit mengurai kemacetan sambil menunggu pembersihan lanjutan.

Banyaknya titik longsor yang kerap terjadi di jalan nasional penghubung sejumlah provinsi di pulau Sulawesi ini  dikeluhkan warga yang sehari hari beraktifitas melalui jalan ini  mereka berharap pemerintah segera membenahi tebing rawan longsor  agar tidak mudah longsor dan menghambat perjalanan serta dan mengancam keselamatan warga  mengingat jalur ini sangat vital sebagai lalulintas ekonomi masyarakat di sejumlah provinsi di pulau Sulawesi.

Meski sejumlah titik longsor yang sebelumnya menutup jalan telah berhasil dibuka  namun pengguna jalan diminta tetap berhati-hati  pasalnya kondisi jalan sangat licin dan menyempit serta masih rawan longsor.


#tanahlongsor
#tebinglongsor
#cuacaburuk

 



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x