Kompas TV regional peristiwa

700 Orang Luka Berat akibat Gempa, Bupati Cianjur: Kami Butuh Dokter Bedah Tulang!

Kompas.tv - 21 November 2022, 17:12 WIB
700-orang-luka-berat-akibat-gempa-bupati-cianjur-kami-butuh-dokter-bedah-tulang
Sekitar 700 orang luka-luka akibat gempa M 5,6 yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). (Sumber: Kompas.com/Firman Taufiqqurahman)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

CIANJUR, KOMPAS.TV - Bupati Cianjur Herman Suherman menyatakan warganya membutuhkan dokter bedah tulang karena banyak korban gempa bumi yang mengalami luka berat.

Menurut data yang berhasil dihimpun, Herman mengatakan terdapat 700 orang mengalami luka-luka, yang mana 70 persen di antara mereka mengalami luka berat.

Tak hanya itu, pihak rumah sakit juga membutuhkan jaringan listrik untuk bisa melakukan operasi. Pasalnya, mayoritas korban mengalami patah tulang dan membutuhkan dokter bedah tulang.

Baca Juga: Bupati Cianjur: 46 Orang Meninggal Dunia, 700 Orang Luka-Luka Akibat Gempa Bumi

“Hampir 70 persen luka berat. Yang luka ringan tidak dibawa ke rumah sakit, mereka di rumah saja,” kata Herman kepada Kompas TV, Senin (21/11/2022).

“Kami butuh dokter bedah tulang, karena masih sangat minim, kita belum bisa operasi karena listrik belum bisa menyala,” sambungnya.

Herman mengatakan bahwa saat ini dia ikut turun menangani pasien. Sejumlah tenaga kesehatan dari Cianjur Selatan dikerahkan untuk menuju ke Cianjur Utara untuk menangani pasien di berbagai rumah sakit.

Saat ini, kata dia, rumah sakit pun kesulitan melakukan penanganan karena banyaknya pasien yang datang. Saking membludaknya, tak sedikit pasien yang menunggu di halaman rumah sakit.

“Saya sudah mengerahkan dari semua puskesmas agar menuju ke Rumah Sakit Sayang, termasuk dari rumah sakit yang ada di Cianjur Selatan agar segera menuju Cianjur Utara untuk menangani pasien di halaman rumah sakit,” tegas Herman.


Baca Juga: Ridwan Kamil Segera ke Lokasi Gempa Bumi di Cianjur, Minta Semua Pihak Waspada

Sebagai upaya percepatan penanganan korban gempa, Herman mengatakan bahwa pihaknya akan mendirikan posko dan rumah sakit darurat di Pendopo Cianjur.

“Posko rencananya kita akan bangun di Pendopo Cianjur. Kita juga akan membangun rumah sakit darurat di Pendopo Cianjur.”

Terakhir, Herman mengumumkan kepada tenaga kesehatan untuk datang ke Rumah Sakit Sayang atau Pendopo Cianjur untuk membantu menangani pasien.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x