Kompas TV regional berita daerah

Pasokan Berkurang, Harga Tomat Melonjak

Kompas.tv - 18 November 2022, 18:29 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Dalam 4 hari terakhir, harga tomat melonjak. Kenaikan harga ini menurut pedagang karena pasokan yang berkurang akibat musim hujan.

Jika biasanya harga tomat Rp 7.000 per kilogram, dalam 4 hari terakhir naik menjadi Rp 18 ribu per kilogram. Kasiyati, salah satu pedagang di Pasar Oro-Oro Dowo Kota Malang, menyebutkan bahwa kenaikan harga tomat terjadi cukup signifikan. 

Cuaca buruk yang mengakibatkan gagal panen pada tanaman tomat diduga menjadi penyebab melonjaknya harga.

Selain itu, akibat melonjaknya harga tomat, pasokan yang didapat pedagang juga berkurang. Jika biasanya pedagang tidak ada batasan dalam pengambilan, namun kini pedagang dibatasi hanya 10 kilogram setiap pengambilan.

"Ini sudah empat hari naik, mungkin karena cuaca buruk jadi gagal panen, tomatnya juga ga bagus," Ucap Kasiyati, Jumat (18/11/2022).

Selain tomat, ada beberapa komoditi pangan yang juga mengalami kenaikan harga. Seperti bawang merah yang naik menjadi Rp 40 ribu dari harga Rp 30 ribu per kilogram. Wortel naik menjadi Rp 14 ribu dari Rp 12 ribu per perkilogram. Sementara itu untuk cabai masih stabil di harga Rp 35 ribu per kilogram.

#hargatomatmelonjak



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x