Kompas TV regional berita daerah

Lansia Ditemukan Tewas di Dalam Septic Tank

Kompas.tv - 18 November 2022, 11:56 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Warga lansia di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ditemukan tewas  di dalam septic tank dekat rumahnya. Warga lansia tersebut diduga terperosok dan tenggelam di dalam septic tank. Korban diduga terperosok dan tertimbun material di dalam septic tank sedalam lima meter di Dusun Candirejo, Desa Jemawan, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022) petang. 

Menurut keterangan Kapolsek Jatinom Iptu Nahrowi, korban mencoba memperbaiki septic tank yang sudah lama tidak digunakan dengan kondisi permukaan septic tank rapuh karena tergerus air. 

Keluarga korban yang curiga karena korban tak kunjung pulang ke rumah, kemudian mencari korban ke lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan Tim SAR. Korban ditemukan oleh Tim SAR gabungan sudah meninggal dunia di dalam septic tank. Korban diduga terperosok dan tenggelam di dalam septic tank.

"Sewaktu jam tiga bapak ke belakang untuk memperbaiki septic tank tersebut. Tetapi karena situasi hujan dan lantainya rapuh sehingga dari cerita saksi-saksi, beliau terjatuh didalam septic tank tersebut," ujar Iptu Nahrowi.

Komandan SAR Klaten Irwan Santosa menjelaskan, proses evakuasi jenasah korban berlangsung selama empat jam karena medan yang cukup sulit, serta kondisi jenazah korban yang tertimpa longsoran material septic tank.

Maka agar tidak melukai tubuh korban, teknik evakuasi jenazah dilakukan dengan cara menyemprotkan air bertekanan tinggi untuk menyibak longsoran material yang menimbun tubuh korban. Kemudian setelah longsoran material berhasil disibak, proses pengangkatan jenazah dilakukan dengan cara vertical rescue.

"Korban tertimbun material sehingga korban ini tidak bisa kita angkat, sehingga kalau harus menggunakan alat takutnya nanti melukai korban maka kita lakukan dengan semprotan air tekanan tinggi untuk menyibak timbunan material," ungkap Irwan.

Meski tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan dan murni kecelakaan, jenazah korban tetap dilakukan pemeriksaan oleh petugas medis setempat.

#klaten #lansia #timsar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x