Kompas TV regional gaya hidup

Komunitas Pesepeda Bike to Work Lakukan Aksi ke Balai Kota DKI Sampaikan Tuntutan soal Jalur Sepeda

Kompas.tv - 18 November 2022, 12:07 WIB
komunitas-pesepeda-bike-to-work-lakukan-aksi-ke-balai-kota-dki-sampaikan-tuntutan-soal-jalur-sepeda
Ketua Umum Bike to Work Indonesia Fahmi Saimima dalam aksi yang digelar pada Jumat (18/11/2022 ikhwal pembangunan jalur sepeda. (Sumber: Akun IG Bike to Work)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komunitas Bike To Work menggelar aksi di Balai Kota, Jakarta hari ini, Jumat (18/11/2022) untuk menyampaikan aspirasinya ikhwal pembangunan jalur sepeda di Jakarta.

Aksi ini melibatkan para pesepeda melakukan gowes bareng dari Plaza FX Sudirman menuju Balai Kota pada pukul 07.00 WIB.

Dalam aksi ini, Ketua Umum Bike to Work Indonesia Fahmi Saimima menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI harus mendukung keberadaan jalur sepeda di Jakarta.

Ia juga mengatakan aksi menuntut keberlangsungan jalur sepeda yang dilakukan ini tak ada hubungannya dengan politik praktis, tapi justru untuk menyuarakan kepentingan masyarakat Jakarta yang berhak atas udara bersih dan bebas dari kemacetan.

"Kami enggak ada kaitan dengan politik. Ini untuk menyuarakan kepentingan masyarakat DKI. Untuk anak cucu kita yang akan menggunakan sepeda dengan aman dan nyaman," ujar Fahmi dikutip dari akun Instagram Bike to Work, Jumat (18/11/2022).

Baca Juga: Jalur Sepeda di Jakarta Juga Boleh Dilintasi Empat Kendaraan, Apa Saja? Simak di Sini

Fahmi mengatakan Jakarta menjadi kiblat bagi kota lainnya dalam pembangunan infrastruktur kota layak sepeda. Dengan demikian, jika Pemprov DKI tak mendukung keberlangsungan jalur sepeda, dikhawatirkan pemerintah daerah lainnya akan melakukan hal serupa.

Ia juga menuturkan, Bike to Work dalam sejarahnya lahir dari Balai Kota DKI. Sebab, di sanalah deklarasi pertama pembentukan komunitas Bike to Work dilakukan. Untuk itu, Bike to Work menyatakan siap menjadi mitra Pemprov DKI dalam membangun Jakarta.


 

"Selama 17 tahun Bike to Work di Indonesia, kami lahir dari Balai Kota. Balai Kota adalah rumah kami semua. Bike to Work selalu menjadi mitra Pemprov DKI siapapun gubernurnya selama kita berkontribusi membangun Jakarta," tutur Fahmi.

Untuk diketahui, Bike to Work tengah berupaya menyampaikan aspirasi mereka ke Balai Kota DKI untuk menyampaikan aspirasi mereka terakait pembangunan jalur sepeda di Jakarta.

Adapun dalam aksi tersebut, Bike to Work akan menemui Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono untuk menyampaikan aspirasi tentang keberlangsungan jalur sepeda di Jakarta.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x