Kompas TV regional berita daerah

Benahi Jalan Hingga Penyuluhan Wawasan Kebangsaan

Kompas.tv - 17 November 2022, 13:34 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

TORAJA, KOMPAS.TV - Kodam 14 hasanuddin menggelar TMMD ke 115 di kabupaten toraja utara. selain menggelar penyuluhan wawasan kebangsaan TMMD kali ini juga membantu warga membenahi jalan.

Pengabdian TNI kepada masyarakat Lembang Bo'ne Buntu Sisong mengerjakan rabat beton jalan sepanjang 600 meter dengan lebar 3 meter. 

Penutupan TMMD ditandai dengan upacara pelepasan di Kelurahan Sandabili', Makale Selatan, dipimpin Kepala Staf Korem (Kasrem), Kolonel Inf Muhammad Arif Suryandaru selaku inspektur upacara.

Penutupan ini dihadiri Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, Kepala OPD, Camat Makale Selatan, Pimpinan PT Malea Energy, Victor Datuan Batara, serta para tamu undangan.

Komandan Kodim (Dandim) 1414 Tana Toraja, Letkol Inf Monfi Ade Candra mengatakan rabat beton jalan dikerjakan selama 34 hari mulai 11 Oktober-9 November tahun 2022.

Kegiatan ini melibatkan ratusan personel TNI bekerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja dan Polres Tana Toraja.

"Semua kegiatan fisik sudah kita rampungkan. Betonisasi Jalan Lembang Bo'ne Buntu Sisong sepanjang 600 meter dengan lebar 3 meter selesai 100 persen hari ini," kata Ade sapaan akrab Monfi Ade Candra kepada wartawan seusai upacara.

"Kegiatan terlaksana dengan baik melibatkan unsur pemerintah, Kepolisian Polres Tana Toraja dan masyarakat setempat," lanjutnya.

Rabat Beton jalan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat karena akses utama warga melansir hasil tani.

Sebelumnya, warga kewalahan melalui jalan tersebut, sebab jalannya menanjak dan banyak penuh batu lepas. Sehingga akses kendaraan jadi terhambat melansir hasil kebun.

Jalan yang dirabat juga merupakan akses utama para pelajar pulang pergi ke sekolah.

"Semoga TMMD ke-115 betul-betul berdampak dan bermanfaat bagi warga setempat karena sudah mereka tunggu-tunggu selama puluhan tahun," ungkapnya.

"Meski sebelumnya terisolir, hambatan warga tersebut sudah kita mudahkan," lanjutnya.

Selain rabat beton, personel Kodim 1414 Tana Toraja juga memberi bantuan jambanisasi serta kegiatan non fisik penyuluhan kesehatan.

Seperti, sosialisasi ketahanan sosial, pertanian, bahaya narkotika, dan pencegahan stunting bersinergi dengan OPD terkait.

Sementara itu Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung mengapresiasi TMMD. Menurutnya, rabat beton jalan sangat diharapkan masyarakat Lembang Bo'ne Buntu Sisong.

Dikatakannya, ketahanan sosial adalah faktor pendukung yang utama meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya kira ini adalah karya dari TNI untuk masyarakat karena mendorong ketahanan sosial masyarakat," katanya.

"Modal besar kita disitu, bagaimana membangun ketahanan sosial karena ini kesiapan yang harus disiapkan untuk mensejahterakan masyarakat. Terbukti dengan gotong royong di kegiatan TMMD ini," ungkapnya.

Seusai upacara dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Bupati dan Dandim 1414 Tana Toraja.



A

 

#kodam14hasanuddin

#tmmd

#tmmdke15ditorajautara



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x