Kompas TV regional berita daerah

Pemuda Sukses Budidayakan Lobster Air Tawar

Kompas.tv - 17 November 2022, 18:50 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI,KOMPAS.TV - Berbekal ilmu yang dipelajarinya di kampus, seorang pemuda Muhammad Nur Rifa'i, 23 tahun, warga kelurahan Jaya Mekar, kecamatan Baros, kota sukabumi, sukses melakukan budi daya udang lobster air tawar. Hasil panen udang lobster ini, mulai di pasarkan ke Jabodetabek dan pulau Jawa, bahkan hingga luar negeri seperti cina dan turki.  udang lobster air tawar yang di budi daya oleh pemuda ini berjenis lobster red claw. Kebanyakan konsumen yang membeli adalah lobster yang sudah siap konsumsi, namun dirinya pun menyediakan lobster indukan dan bibit. Dalam pembuatan kolam pembibitan lobster air tawar, berbeda dengan kolam ikan air tawar lainnya.

Dalam pembuatan kolam lobster air tawar, air dan jumlah lobster harus sesuai dengan ukuran kolam. Karena sifat lobster air tawar ini binatang nocturnal, maka di sediakan shelter-shelter tempat dimana lobster ini bisa bersembunyi dari cahaya matahari. Peluang usaha ini telah ditempuhnya selama 4 tahun, meski pertumbuhan lobster air tawar untuk siap konsumsi tergolong cukup lama, namun berbekal pengetahuan yang didapatnya dari kampus dan dukungan keluarga, kini lobster air tawar miliknya sudah beredar di pasar domestik dan ekspor ke Cina dan Turki.

Harga pasaran lobster air tawar ini mulai seratus lima puluh ribu hingga dua ratus lima puluh ribu rupiah per kilogram. Saat ini Rifa'i menghasilkan omset jutaan rupiah dapat diraupnya dari budi daya udang lobster air tawar ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x