Kompas TV regional berita daerah

Satgas Yonif RK 136/TS dan Kodim 1811/Peradaban Bantu Fasilitasi Perlombaan Lintas Alam

Kompas.tv - 15 November 2022, 13:05 WIB
satgas-yonif-rk-136-ts-dan-kodim-1811-peradaban-bantu-fasilitasi-perlombaan-lintas-alam
Satgas Satuan Organik Yonif Raider Khusus 136/TS dan Kodim 1811/Peradaban turut membantu kegiatan KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) dalam perlombaan lintas alam yang diikuti oleh pemuda dan pemudi Kabupaten Telukk Wondama (Sumber: Pen Tuah Sakti)
Penulis : KompasTV Makassar

TELUKWONDAMA, KOMPAS.TV - Satgas Satuan Organik Yonif Raider Khusus 136/TS dan Kodim 1811/ Peradaban turut membantu kegiatan KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) dalam perlombaan lintas alam yang diikuti oleh pemuda dan pemudi Kabupaten Telukk Wondama, bertempat di Distrik Wasior, Kab. Teluk Wondama, Papua Barat, Selasa(15/11/2022).

Dansatgas Yonif Raider Khusus 136/TS, Letkol Inf Andi Ariyanto, S.I.P., menyampaikan bahwa pada kegiatan yang dilaksanakan hari Sabtu (12/11/2022) tersebut pihaknya bersama Kodim 1811/Peradaban membantu menyelenggarakan dan menyiapkan,  sarana prasarana kegiatan dalam perlombaan lintas alam itu.

adapun peserta yang ikut ambil bagian dalam lomba lintas alam yang diselenggarakan oleh KNPI tersebut sekitar 200 peserta, yang terdiri dari beberapa organisasi, diantaranya Pramuka Kwarcab 3305 Teluk Wondama, organisasi Karate Teluk Wondama, Pemda Teluk Wondama, pelajar SMA Teluk Wondama, Unimuda dan anggota Karang Taruna.

Perlombaan lintas alam ini dibuka oleh Bupati Teluk Wondama Ir. Hendrik Mambor, itu turut dihadiri Dandim 1811/Peradaban Letkol Inf Saheri, Wakapolres Teluk Wondama, Kompol Wilhelmus Tiwo, Wadansatgas Yonif RK 136/TS Mayor Inf Andri Nuzul Sujatmiko, Ketua KNPI Teluk Wondama Richi M Imburi, dan Sekretaris KNPI Teluk Wondama Zafiludin. 

Sebagaimana disampaikan Bupati Teluk Wondama dalam sambutannya bahwa perlombaan Lintas Alam ini bermanfaat untuk membangun dan meningkatkan sikap kepemimpinan dan kerjasama kelompok dalam diri pemuda dan pemudi. Selain itu juga bertujuan untuk menumbuhkan sikap kepemimpinan dan keberanian, sportifitas serta kerjasama kelompok.

”Kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk mental dan karakter para pemuda-pemudi, mengajarkan tentang kerja sama tim, kebersamaan dan kekeluargaan,” kata Bupati, tutur Dansatgas. 

Dandim 1811/Peradaban Letkol Inf Saheri menjelaskan bahwa materi yang diberikan pembina meliputi individual development (pengembangan pada individu) dan team development (pengembangan pada team) yang disajikan dalam bentuk sebuah permainan, stimulasi, diskusi dan petualangan. Kegiatan lintas alam ini punya nilai positif bagi kalangan generasi muda, disamping untuk menumbuhkan rasa kekompakan dan jiwa korsa juga bisa menumbuhkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air. 

“Antusiasme para pemuda-pemudi begitu besar dengan mengikuti semua kegiatan hingga selesai, seperti muncul kreativitas, inovatif dan rekreatif dari wajah mereka. Disaat inilah kita dapat melihat tingkat kematangan seseorang dalam menghadapi suatu hambatan atau rintangan,” kata Dandim. 

Atas bantuan dan dukungan yang ditunjukkan Satgas Yonif 136/TS dan Kodim 1811/Peradaban, Carolina (anggota tim Kwarcab 3305) salah satu peserta lintas alam mengucapkan rasa terima kasihnya kepada TNI yang telah memfasilitasi sarana dan prasarana kegiatan lintas alam ini. 

“Semoga personel Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS ke depan tetap bisa membantu kegiatan lainnya di kemudian hari,” harapnya. 


#KNPI
#outbond
#perlombaanlintasalam



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x