Kompas TV regional berita daerah

Jateng Seribu Embung Tercapai, Ganjar Akan Terus Tambah

Kompas.tv - 15 November 2022, 12:04 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gerakan Seribu Embung yang diinisiasi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sejak Tahun 2016 lalu, saat ini telah melebihi target dan tercatat ada 1.135 embung yang dibangun. Tujuan dibangunnya embung untuk pemanfaatan air hujan terutama untuk sistem irigasi petani serta memenuhi kebutuhan air bersih warga sehari-hari.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo usai meninjau produk talas beneng rumahan, di Kabupaten Semarang menyebut, dengan adanya embung, hasil panen pertanian menjadi lebih berkualitas dan jumlahnya meningkat. Pariwisata juga bisa diandalkan di sekitar embung, sehingga masyarakat bisa lebih makmur dan tercukupi. Sementara, pendanaan yang digunakan untuk pembangunan embung tidak hanya berasal dari APBD, namun juga dibantu banyak pihak. Salah satunya dari pemerintah pusat yang ikut serta menggelontorkan dana.

"Seribunya itu cita-cita karena bantuannya sangat banyak. Kabupaten membantu, CSR mmebantu, jadi kita kelompokkan. Lebih banyak embung juga dapat dipakai untuk kita mengelola air. Ini bisa dijadikan pariwisata, supply air dan pertanian di sekitanya dapat bermanfaat. Kita akan teruskan program ini," ujar Ganjar. 

Ganjar juga menyatakan, keberhasilan program seribu embung akan terus dilanjutkan, dengan melibatkan banyak pemangku kepentingan, agar jumlah embung yang dibangun bisa lebih banyak lagi.

#seribuembung #ganjar #jateng



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x