Kompas TV regional berita daerah

Peluncuran Digitalisasi Pasar Rakyat Di Sonder

Kompas.tv - 14 November 2022, 11:50 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MINAHASA, KOMPAS.TV- Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menghadiri peluncuran Digitalisasi Pasar Rakyat Sonder di Kabupaten Minahasa - Sulawesi Utara. Digitalisasi pasar rakyat  di Sonder diawali dengan mendorong pedagang dan pembeli bertransaksi secara non-tunai.

Pedagang maupun pembeli di pasar rakyat Sonder Kabupaten Minahasa - Sulawesi utara kini bisa melakukan transaksi jual  beli secara non-tunai, setelah Kementerian Perdagangan bersama PT Pos Indonesia menciptakan ekosistem pembayaran non- tunai di pasar rakyat yang berlokasi di desa Kauneran ini.

Menandai terciptanya ekosistem pembayaran secara non tunai di pasar Sonder, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga bersama Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia Haris meluncurkan digitalisasi pasar rakyat Sonder, pada Jumat siang.

Wakil Menteri Perdagangan mengatakan Pemerintah terus mendorong digitalisasi pasar rakyat di seluruh Indonesia. Dimana saat ini sudah lebih dari 2.000 pasar rakyat yang bertransformasi menjadi pasar rakyat digital, salah satunya pasar Sonder.

Digitalisasi pasar akan terus diperluas, tak hanya untuk mengimbangi kemajuan teknologi, namun juga menghadirkan kemudahan dan efisensi dari sisi pembayaran.

Digitalisasi pasar Sonder diawali dengan tahap menyiapkan ekosistem pembayaran elektronik berbasis "Quick Response Code Indonesia Standar" atau "QRIS" dari Bank Indonesia, yang bekerjasama dengan PT Pos Indonesia.

Untuk diketahui, pasar rakyat Sonder menaungi lebih dari 160 pedagang. Dimana sudah lebih dari 60 persen pedagang difasilitasi dengan sistem pembayaran non-tunai, sehingga diharapkan bisa mulai beradaptasi dengan pembayaran dari tunai ke non-tunai.

#kompastvmanado #posindonesia #pasardigitalisasi

Yannemieke Singal Kompas tv Minahasa

 

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x