Kompas TV regional agama

Siswa Buat Pestisida dari Daun Pepaya

Kompas.tv - 10 November 2022, 19:21 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - 5 siswa SMA Negeri 4 Semarang ini layak diacungi jempol. Karya hebatnya yaitu berupa Pestisida dari bahan dasar daun pepaya berhasil menyabet juara dua di Ajang International Science and Invention Fair 2022 di Bali yang diikuti 32 Negara di Dunia.

 

Untuk pembuatan pestisida ramah lingkungan ini sangat sederhana, pertama siapkan bahan terlebih dahulu seperti daun pepaya, larutan detergen, minyak tanah dan air satu liter.

 

Proses pembuatannya pertama daun pepaya di iris - iris kemudian dimasukkan dalam blender bersama satu liter air. Kemudian daun pepaya dihaluskan dan disaring. Langkah berikutnya masukan satu sendok larutan detergen dan satu sendok minyak tanah lalu diaduk agar merata. Langkah terakhir diamkan semalam dan di kemas siap untuk di semprotkan ke tanaman.

 

Kelebihan pestisida daun pepaya ini adalah ramah lingkungan sehingga tidak menyebabkan tanaman mati namun tetap tumbuh segar.

 

Kedepan pihak sekolah akan mematenkan terlebih dahulu karya siswa ini sebelum diproduksi dalam jumlah banyak untuk di pasarkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x