Kompas TV regional berita daerah

Batik Ecoprint Ramah Lingkungan

Kompas.tv - 10 November 2022, 19:07 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Siapa yang tak kenal dengan Karya Seni Batik Nusantara, mulai Batik Tulis, Cap hingga Printing semua ada di Indonesia. Di Kota Pekalongan para Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) gencar memproduksi batik ecoprint dan mengenalkan kepada masyarakat. 

 

Batik ecoprint terbuat dari bahan alami, yakni daun dan bunga dari tumbuhan yang ada di sekitar yang di replika baik motif maupun warnanya. Berbeda dengan batik tulis dan cap yang menggunakan bahan kimia, batik ecoprint aman bagi alam dan ramah lingkungan karena tidak menimbulkan pencemaran. 

  

Pembuatannya pun cukup mudah, yaitu dengan menempelkan daun atau bunga pada kain kemudian dipukul-pukul hingga tereplika dengan sempurna. Salah satu produsen batik ecoprint adalah SMK Syafi'i Akrom dan SMK Negeri 2 Kota Pekalongan yang berhasil menjual produknya hingga ke luar Jawa. 

 

Batik ecoprint bisa dibuat berbagai produk siap pakai seperti tas, baju, dan asesoris rumah tangga lainnya. Namun para perajin mengaku butuh Perhatian Pemerintah dalam permodalan dan pemasaran agar UMKM Batik ecoprint kedepan makin maju dan berkembang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x