Kompas TV regional berita daerah

Jaga Keseimbangan Iklim, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Kelola Tahura

Kompas.tv - 8 November 2022, 18:53 WIB
jaga-keseimbangan-iklim-pemerintah-kabupaten-gorontalo-kelola-tahura
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo meninjau Taman Hutan Rakyat yang Berada di Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo (Sumber: Kompas Tv Gorontalo)
Penulis : KompasTV Gorontalo

KABUPATEN GORONTALO, KOMPAS TV - Untuk menjaga keseimbangan iklim global, Taman Hutan Rakyat di Kecamatan Asparaga, mendapat  perhatian khusus dari pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah mengeluarkan surat keputusan penunjukan pengelolaan taman hutan  rakyat kepada pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo.

Hal ini diungkapkan Nelson saat menggelar seminar tata kelola Tahura Gorontalo di salah satu hotel di Kota Gorontalo pada selasa siang.

Nelson menjelaskan pengelolaan taman hutan rakyat, pemerintah akan bekerja sama dengan Yayasan Adudu Nantu Inetenational dan instansi terkait.

Menurut Nelson pelestarian taman hutan rakyat penting dilakukan untuk menjaga keseimbangan alam  agar hutan produski terbatas tidak beralih menjadi areal pertanian.

Sementara itu, Dirjen Kasdae KLHK Wiratno mengungkapkan, dalam pengelolaan tahura pemerintah daerah diminta untuk membuat unit pengelolaan. Pasalnya, tahura memiliki banyak kekayaan alam yang perlu dijaga.

Pengelolaan Tahura, pemerintah daerah bisa menggunakan anggaran dari mitra atau bekolaborasi dengan pemerintah desa setempat.

Wiratno menambahkan saat ini izin pengelola tahura dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutan sedang dalam proses dan ditargetkan akan terbit tahun depan untuk izin pengelolaannya.

 

#tahura

#iklimglobal

#pemkabgorontalo

#gorontalo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x