Kompas TV regional berita daerah

Diguyur Hujan Deras Tebing Gunung Kelir, Longsor

Kompas.tv - 7 November 2022, 16:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Terjadi longsor di tebing Gunung Kelir, tepatnya di Jalan Untung Suropati, Kelurahan Bambankerep, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Longsor ini terjadi setelah dilanda hujan deras Minggu (6/11/2022) sore. Akibatnya, akses jalan menuju Kecamatan Mijen terputus.

Pemerintah Kota Semarang bersama warga dan relawan menyingkirkan material longsoran, sehingga pada hari Senin (7/11/2022), jalanan sudah bisa dilalui.

Salah seorang warga, Lasio, mengaku longsor yang menutup jalan sempat terjadi dua kali.

"Hujan deras, longsor, terus ada longsor susulan lagi menimpa tiang listrik sampai kabel-kabelnya putus semua dan menutup akses jalan dari arah Semarang ke Mijen. Tepatnya Jalan Untung Suropati, di Gunung Kelir," ujar Lasio.

Sementara Mulyono, Camat Ngaliyan mengatakan, pihaknya terus memantau tebing yang tersebut karena potensi longsor masih tinggi, terlebih ada patahan di bukit itu.

"Itu bukitnya cukup tinggi, dan disitu ada patahan. Jadi tanahnya patah, sehingga banyak yang longsor ke bawah. Ini sedang kita monitor terus karena potensinya masih tinggi, potensi untuk retaknya dan longsornya lagi," kata Mulyono.

Karena kondisi tebing setinggi 20 meter masih rawan longsor susulan, akses Jalan Untung Suropati menuju ke daerah Mijen untuk sementara ditutup bagi kendaraan roda empat. Pasalnya, kondisi tanah di perbukitan tersebut ada retakan yang bisa menimbulkan guguran material.

#tanahlongsor #hujan #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x