Kompas TV regional berita daerah

Pastikan Penyebab Meniggalnya Tahanan, Keluarga Minta Otopsi Segera Dilakukan

Kompas.tv - 3 November 2022, 18:26 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Keluarga tahanan Abraham Matte yang mengetahui korban meninggal dunia, hingga kamis sore masih berjaga di depan kamar jenazah RSUD Sele Be Solu, untuk minta instansi terkait segera melakukan otopsi agar memastikan penyebab meninggalnya korban.

Hal ini diminta pihak keluarga, mengingat terdapat sejumlah keganjalan dari meninggalnya tahanan Abraham Matte.

Lewat kuasa hukum, Leo Ijie, keluarga minta agar otopsi segera dilakukan dan biaya ditanggung sepenuhnya oleh pihak terkait dalam hal ini kejaksaan. Kuasa hukum menilai penyebab kematian abraham matte tidak jelas, sehingga hal ini harus transparan.

Jika permintaan keluarga untuk otopsi tidak dikabulkan, keluarga mengancam akan melakukan aksi dan membawah jenazah Abraham Matte ke Kejaksaan Negeri Sorong.

Permintaan keluarga ini dijawab langsung oleh Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Sorong, dimana pihaknya tidak menyediakan anggaran untuk dilakukan otopsi selama hal tersebut bukan permintaan dari kejaksaan, sehingga semua diserahkan tanggung jawab sepenuhnya kepada keluarga.

Jaksa dengan tegas mengatakan saat persidangan pada 02 November  dengan agenda putusan sela dari ketiga orang terdakwa yang diajukan, majelis hakim menolak eksepsi dari tim penasehat hukum dan menyatakan surat dakwaan sah, sehingga proses persidangan dilanjutkan. Saat itu terdakwa dalam kondisi sehat dan tidak mengalami sakit. Dan akan kembali melanjutkan sidang pada 08 November dengan agenda pemeriksaan saksi, namun sayangnya terdakwa telah meninggal dunia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x