Kompas TV regional berita daerah

Kerajinan Uang Kepeng Untuk Souvenir G20

Kompas.tv - 3 November 2022, 12:06 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Inilah rumah industri kecil, produksi kerajinan uang kepeng khas Bali, di Desa Kamasan, Kabupaten Klungkung, Bali. IKM ini tengah disibukkan dengan pengerjaan pesanan kerajinan patung lumbung padi, jukung, dan patung penari Bali, yang khusus dipesan pemerintah pusat untuk digunakan sebagai souvenir resmi untuk sejumlah kepala negara peserta G-20 nanti.

Menurut pemilik usaha kerajinan uang kepeng, I Made Sukma Swacita, pesanan ini khusus untuk kepala negara peserta G20, dan jenis patung yang dibuat telah dipilih langsung oleh  Presiden Joko Widodo.

Patung-patung unik ini, dirangkai sedemikain rupa dari kepingan uang kepeng dengan huruf Bali, yang dirakit menyerupai lumbung padi dan jukung atau perahu. Sebelum dirakit, uang kepeng dicetak dari bahan campuran kuningan dan besi yang didapatkan dari barang daur ulang, dengan campuran khusus yang mengkasilkan karya seni luar biasa. Setelah itu, uang kepeng di pisahkan satu-persatu lalu di rakit sesuai bentuk patung yang diiginkan.   

Panjangnya proses pembuatan souvenir ini, untuk ajang G-20, perajin  sudah melakukan produksi sejak 3 bulan lalu. Selain khusus dipesan untuk kepala negara, sejumlah kementerian juga memesan patung untuk para delegasi peserta G-20 nanti, ada patung dewi, penari Bali dan produk lainnya.

 

 

 

 

 

 

#souveirG20   #kerajinanuangkepeng   #desakamasan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x