Kompas TV regional berita daerah

Sungai Tercemar Sampah Sda Jabar Lakukan Sosialisasi

Kompas.tv - 2 November 2022, 15:20 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI,KOMPAS.TV - Kasi sundawapan UPTD Cisadea-Cibareno dinas SDA provinsi Jabar, saat mengikuti gerakan bersih-bersih sungai Cipelang, kecamatan Gunung Puyuh kota Sukabumi, Jawa Barat. Saat ini kondisi sungai yang ada di wilayah kota,kabupaten Sukabumi dan kabupaten Cianjur dalam kondisi kritis. Kondisi sungai yang cukup kritis, karena memang dari sisi debit air tinggi terus penanganan-penanganan sungainya masih belum maksimal. Permasalahan utama karena masalah sampah, banyak limbah ditambah bangunan liar di sepanjang sungai.

Jumlah sungai besar yang ada di bawah pengawasan UPTD Cisadea Cibareo berjumlah 147 aliran sungai dengan ribuan anak sungai. Jumlah yang begitu besar dengan sdm yang minim menjadi penghambat dalam penanganan sungai saat ini. namun dinas Sda, terus melakukan sosialisasi dengan menghidupkan T-K-S-D-A, tim koordinasi sumber daya air, yang kita bangun dan kita undang dari berbagai lapisan masyarakat dalam satu forum, untuk nantinya di diskusikan langkah-langkahnya.

salah satu upaya untuk mengurangi banjir yaitu dengan menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai serta melakukan normalisasi sungai.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x