Kompas TV regional berita daerah

Taman Rupiah di Pulau Rubiah Sabang

Kompas.tv - 31 Oktober 2022, 15:46 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

SABANG, KOMPAS.TV - Taman karang bawah laut yang diberi nama Rupiah Sea Garden di Pulau Rubiah. Di areal ini ditanam Monumen Garuda dilengkapi dengan aneka bentuk logam rupiah. Ini dilakukan tak hanya sebagai sebuah atraksi wisata bawah laut yang menjadi daya tarik wisatawan, tetapi juga bagian dari restorasi terumbu karang dalam upaya penyelamatan biota laut disana.

Dengan adanya taman rupiah ini sangat membantu dalam menggerakkan ekonomi para penyelam dari kelompok sadar wisata, Pantai Iboih. Bagi mereka spot rupiah Sea Garden ini dapat menjadi atraksi yang bisa menarik wisatawan untuk menyelam kesana sambil berswafoto.

Untuk bisa melihat langsung monumen garuda dan logam rupiah, wisatawan didampingi oleh penyelam profesional. Tidak begitu dalam, hanya  10 meter saja, anda sudah bisa melihat taman ini.

Selain Spot Rupiah Sea Garden, ternyata ada tiga puluh spot penyelaman yang sangat menarik untuk dikunjungi, terutama bagi pecinta dunia penyelaman sambil mengabadikan momen bersama biota laut yang hidup disana.

Pemerintah kota Sabang terus melakukan upaya peningkatan kembali kunjungan wisatawan ke Pulau Sabang dengan berbagai atraksi budaya, meningkatkan kualitas SDM serta memperkuat produksi UMKM.

Peresmian Rupiah Sea Garden ini ditandai dengan cara mengajak peserta yang hadir melakukan atraksi diving massal di Pulau Rubiah sambil memotong pita dibawah laut dan mengibarkan bendera merah putih sekaligus menyemarakkan peringatan hari Sumpah Pemuda.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x