Kompas TV regional berita daerah

Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut, Bersihkan Sampah Dari Laut

Kompas.tv - 31 Oktober 2022, 12:10 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Kementerian Kelautan dan  Perikanan RI menggelar gerakan nasional Bulan Cinta Laut, yang dimulai 1 Oktober hingga 31 Oktober 2022. Bulan Cinta Laut merupakan langkah konkrit Kementrian Kelautan dan  Perikanan dalam upaya untuk mengedukasi kesadaran nelayan dan masyarakat,  serta mengkampanyekan pentingnya menjaga laut agar tetap bersih sehingga ekosistem laut menjadi sehat.

Sebanyak 1.477 nelayan  yang ada di 14 provinsi di Indonesia dilibatkan dalam kegiatan ini. Dengan total 67,34 ton sampah berhasil dikumpulkan dari lautan hingga 27 Oktober lalu. Sampah akan dipilah sesuai jenis dan ditimbang, dan akan diproses ke tempat daur ulang untuk menjadi barang yang lebih bernilai.

Dalam sambutannya Menteri Kelautan dan  Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono mengatakan,   sampah yang berhasil dikumpulkan nelayan akan dihargai setara dengan harga ikan terendah di wilayah masing-masing.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang hadir, mengapresiasi kegiatan ini, dan diharapkan dapat mengurangi 38,5 persen sampah di laut pada tahun 2022.

Dari data,  80 persen sampah laut berasal dari darat dan 30 persen adalah sampah plastik. Gerakan nasional Bulan Cinta Laut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran nelayan dan masyarakat, agar  tidak membuang sampah sembarangan dan mengurangi pencemaran  laut.

 

 

 

 

 

 

#bulancintalaut   #kemenKKPRI   #bersihkansampahdarilaut



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x