Kompas TV regional berita daerah

Dua Satwa Dilindungi Endemik Babel Dilepasliarkan

Kompas.tv - 29 Oktober 2022, 17:50 WIB
Penulis : KompasTV Bangka

BANGKA TENGAH, KOMPAS TV - Dua ekor satwa dilindungi yang merupakan endemic Kepulauan Bangka Belitung, yakni trenggiling dan kukang, dilepasliarkan ke habitatnya.

Sebelumnya, hewan dengan nama latin pholidota atau trenggiling ini, masuk ke permukiman penduduk.

Warga yang menangkapnya lalu menyerahkannya ke pusat penyelamatan satwa Alobi Foundation, agar tidak mati serta bisa ditangani dengan baik.

Begitu pula dengan seekor primata jenis kukang, yang sebelumnya ditemukan warga dalam kondisi mengkhawatirkan usai tersengat arus listrik.

Kukang, hewan memiliki penampilan lucu dan menggemaskan, sehingga banyak masyarakat yang gemar menjadikannya peliharaan, yang menyebabkan keberadaannya di alam bebas terancam.

Sebelumnya, hewan-hewan ini telah menjalani masa rehabilitasi dan habituasi atau penyesuaian terhadap kondisi lingkungan, serta telah dinyatakan sehat, sehingga layak untuk dilepasliarkan.

Pelepasliaran yang dilakukan di hutan konservasi Kabupaten Bangka Tengah ini,  sebagai upaya mengembalikan populasi teringgiling dan kukang, yang keberadaannya kini nyaris punah, akibat alih fungsi lahan serta perburuan liar.

Lokasi pelepasliaran dianggap aman untuk keberlangsungan hidup trenggiling dan kukang, seperti tersedianya sumber makanan, air dan tempat bersarang, serta perlindungan dari pemburu liar.

Warga diimbau untuk melaporkan atau menyerah kan satwa-satwa dilindungi ke BKSDA setempat, jika menemukan nya atau keberadaannya mengganggu dan mengancam keselamatan jiwa.

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x