Kompas TV regional berita daerah

Semangat Siswa Daerah Terpencil Mengejar Pendidikan Dalam Keterbatasan

Kompas.tv - 29 Oktober 2022, 15:51 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Bangunan yang berdiri di tanah seluas satu hektar ini memiliki empat ruangan, yang biasa digunakan para siswa sekolah dasar untuk belajar di Kampung Klayas Distrik Seget Kabupaten Sorong, Papua Barat. 

Inilah Kampung Klayas Distrik Seget Kabupaten Sorong, jarak tempuh dari Kota Sorong menggunakan longboat membutuhkan waktu satu jam tiga puluh menit. Kampung ini merupakan pemekaran dari Distrik Seget  Tahun 2010, sejak saat itulah Sekolah Dasar YPK Klayas didirikan untuk pendidikan anak-anak disana.

Sekolah Dasar YPK Klayas sangat minim fasilitas, hanya ada empat ruangan yang biasa digunakan untuk belajar. Dengan pembagian kelas satu dua dan tiga digabung menjadi satu ruangan, kelas empat dan lima satu ruangan, sedangkan untuk kelas enam mendapat satu ruangan sendiri, satu ruangan lainnya digunakan untuk ruang guru.

Selain minim fasilitas sekolah ini juga masih kekurangan guru, hanya ada delapan guru, yang terdiri dari lima guru PNS, satu guru P3K, dan dua guru relawan.

Untuk membantu pendidikan di kampung Klayas PT Kilang Pertamina Internasional Unit Vii Kasim, hadir membantu memberikan sejumlah fasilitas tambahan berupa buku dan relawan tenaga pengajar untuk menunjang pendidikan anak-anak disana.

Diharapkan pemerintah Kabupaten Sorong dapat memperhatikan fasilitas pendidikan bagi anak-anak di daerah terpencil, agar pendidikan yang layak dapat membantu pengembangan daerah tersebut. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x