Kompas TV regional berita daerah

Apotek Tetap Diimbau Karantina Obat Sirop

Kompas.tv - 27 Oktober 2022, 14:10 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Meskipun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah merilis obat sirop yang dinyatakan aman dari resiko cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) sehingga boleh dikonsumsi kembali, namun sejumlah apotek di Kota Semarang memutuskan belum menjual obat sirop yang telah dinyatakan aman tersebut serta melakukan karantina. Dan masih menunggu surat edaran resmi dari kementerian kesehatan, perihal nomor batch yang dinyatakan aman.

Hal ini karena dalam satu merek obat sirop terdapat beberapa batch tertentu, sehingga tidak semua merk tersebut dapat diperjual belikan kembali atau ditarik seluruhnya. Keputusan ini juga ditekankan oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang, bagi apotek maupun penyedia layanan kesehatan untuk menunda dulu, menjual kembali obat sirop sampai dengan nomor batch dari obat-obat yang dinyatakan aman keluar.

Untuk saat ini, apoteker masih mengalihkan obat sirop ke jenis lain sampai dengan instruksi dan menerima surat edaran dari Kementerian Kesehatan.

#bpom #obatsirop #apotek



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x