Kompas TV regional berita daerah

Banjir dan Longsor Terjang Purbalingga

Kompas.tv - 26 Oktober 2022, 16:06 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PURBALINGGA, KOMPAS.TV - Hujan deras yang mengguyur wilayah Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa (25/10/2022) sore, menyebabkan terjadinya bencana tanah longsor dan banjir.

Tebing setinggi sekitar 50 meter di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, longsor setelah diguyur hujan deras selama beberapa jam. Bahkan, material longsoran ini masuk ke dalam Sungai Gencol hingga menghambat arus aliran air sungai. Obyek wisata Bendina Hills yang ada di pesisir sungai ini turut terkena luapan sungai hingga beberapa perabotan terbawa banjir.

Selain itu, tanah longsor juga berdampak  pada rusaknya puluhan rumah warga yang ada di sekitar lokasi kejadian. Ratusan warga terdampak harus diungsikan ke tempat yang lebih aman. Menurut pihak pemerintah desa, ratusan warga ini mengungsi di tiga titik, ada juga yang memilih mengungsi di rumah keluarganya.

Sementara untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan petugas SAR gabungan BPBD, TNI, Polri, PMI dan para relawan melakukan patroli di sekitar lokasi longsor.

"Saat ini pengungsi sudah ditempatkan tiga titik," ujar jelas Suratman, Kades Siwarak.

Petugas juga mengimbau warga yang masih bertahan di dalam rumah, untuk segera mengungsi karena khawatir terjadi longsor susulan yang lebih parah. Mengingat kondisi di lokasi tanah longsor masih terus diguyur hujan deras.

#purbalingga #longsor #banjir



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x