Kompas TV regional berita daerah

RSWN Semarang Tambah Ruang Gagal Ginjal Akut

Kompas.tv - 25 Oktober 2022, 14:34 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - RSUD KRMT Wongsonegoro (RSWN) Semarang mulai mempersiapkan ruangan khusus yang dilengkapi fasilitas pendukung bagi pasien anak gagal ginjal akut. Saat ini ada dua tempat tidur yang siap digunakan dari total 24 tempat tidur. Pihak RSWN juga menyiapkan dokter spesialis yang sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dari Kemenkes yang akan menangani pasien anak dengan kasus gagal ginjal akut misterius. Hingga saat ini kasus gagal ginjal akut misterius pada anak belum ditemukan di Kota Semarang.

"Kita sudah menyiapkan sarana prasarana, termasuk juga dokternya. Untuk sarana dan prasarana, rencananya kita sudah menyiapkan di ruang parikesit, itu ada 24 tempat tidur. Dan untuk yang gagal ginjal akut pada anak kita siapkan ada dua tempat tidur," ujar Eko Krisnarto, Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSWN.

Sementara itu, Dokter Spesialis Anak Pandih Kahayana menyampaikan, kasus gagal ginjal pada anak umumnya jarang terjadi dan jika didiagnosa penyakit tersebut, sebelumnya akan terdeteksi ada gangguan pada ginjal (penyakit bawaan). Sedangkan kasus gagal ginjal akut pada anak saat ini kondisi awalnya normal dan tidak menunjukkan gejala.

"Tergantung dari penyebab yang sudah kita temukan terlebih dahulu. Yang saat ini menjadi misterius karena beberapa kasus menunjukkan anak yang tadinya sakit ringan atau masih dibilang cukup ceria tiba-tiba mengalami gangguan ginjal. Pola seperti ini sebelumnya boleh dibilang tidak ada seperti itu. Kalau gangguan ginjal pada umumnya terdeteksi dari awal problem dari ginjal itu sendiri," ungkap Pandih.

Kemenkes masih melakukan penelitian terkait penyebab kasus gagal ginjal akut misterius pada anak. Sementara keterkaitan dengan obat cair atau sirup yang mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) sebagai pelarut obat cair juga masih dilakukan penelitian.

#rswn #semarang #gagalginjal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x