Kompas TV regional berita daerah

Inovasi Pemurni Air Limbah Karya Anak Smk

Kompas.tv - 24 Oktober 2022, 18:57 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

PONOROGO, KOMPAS.TV - Pelajar SMK PGRI 2 Ponorogo, Jawa Timur, berhasil menciptakan alat pemurni air limbah bekas produksi pertanian hidroponik. Tak hanya menjernihkan, alat ini juga berhasil mengembalikan ph air dalam keadaan normal.

Dua pelajar SMK PGRI 2 Ponorogo ini berhasil menjuarai lomba tingkat nasional, dalam ajang Sobat Competition 2022 PT United Tractors TBK, dengan inovasi mereka berupa alat yang bernama Hyper atau Hydroponic Purifier Water.

Alat sederhana ini memiliki 3 fungsi utama mengolah air limbah dari produksi pertanian hidroponik. Alat ini mampu menyaring air yang keruh, menyeterilkan air hingga memulihkan PH air ke kondisi normal. Sehingga ribuan liter air limbah bisa digunakan kembali, tanpa harus mencemari lingkungan, utamanya merusak tanah dan ekosistem.

Biasanya air limbah memiliki PH rendah di angka 5. Setelah diolah dengan alat ini, PH air menjadi normal di angka 6 koma 5. Air pun menjadi jernih sehingga bisa digunakan lagi dengan aman.

Inovasi ini menyasar pertanian hidroponik berskala besar, yang berpotensi merusak alam karena limbah air bekas produksi, selama ini hanya dibuang di tanah. Selain itu, alat ini juga bisa menghemat biaya produksi, karena bisa menggunakan air limbah.

Rencananya, ke depan para pelajar SMK dan guru akan terus berinovasi. Tak hanya dibidang pertanian, tapi juga berupaya mengolah air limbah sehingga bisa digunakan untuk air konsumsi. Meskipun masih membutuhkan proses dan waktu yang panjang.

#beritaponorogo
#inovasipertanian
#pemurniair
#pemirnilimbah
#inovasismk

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x