Kompas TV regional berita daerah

Sekolah Kembangkan Bakat dan Minat Siswa

Kompas.tv - 24 Oktober 2022, 16:16 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Di tengah era digitalisasi, pihak sekolah dituntut lebih kompleks dalam mencerdaskan anak didiknya. Selain pendalaman ilmu pengetahuan, sekolah juga harus memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Sekolah Islam Terpadu (IT) Bina Amal yang beralamat di Jalan Kyai Saleh, Semarang. Selain memberikan ilmu pengetahuan dan pendalaman ilmu agama, pihak sekolah juga memberikaan ruang bagi siswa untuk menyalurkan hobi, kreativitas serta bakat dan minat dibidangnya masing-masing. Dalam acara Open House tersebut, pihak sekolah juga membuka kesempatan bagi pihak luar untuk ikut bergabung.

"Kita siapkan berbagai bentuk kegiatan, berbagai macam lomba, agar mereka bisa menyalurkan minat dan bakatnya. Dari awal mereka sudah terpacu untuk berprestasi, bersemangat dan berbuat baik" kata Joko Widodo, s.ak, Ketua Yayasan Wakaf Bina Amal.

Pihak sekolah juga menggelar beragam lomba untuk menjaring para siswa yang bertalenta. Seperti yang digelar pada Sabtu (22/10/2022) pagi, tidak hanya siswa dari internal sekolah namun juga dibuka bagi peserta di luar sekolah.

"Kita mengadakan open house, dengan berbagai macam lomba minat dan bakat, sehingga menjadi alternatif agar mereka bisa mengekspresikan kemampuan mereka" ujar Oktora Rahmat Santoso,S.S, Kepala SD IT Bina Amal.

Salah satu lomba yang diminati adalah lomba menyanyi yang diikuti oleh siswa yang duduk dibangku TK.

"Ikut lomba menyanyi, suka karena bisa dapat piala" kata Fatimah, siswa TK IT Harapan Bunda.

Selain lomba menyanyi juga dimeriahkan dengan lomba tahfidz oleh siswa TK yang disambut dengan antusias oleh para peserta. 

"Ikut lomba tahfidz, tadi baca surat Al Fatihah dan surat Al Maun" tutur Syaikhan, siswa TK IT Muhajirin.

Selain lomba menyanyi, tahfidz, lomba bahasa Arab, lomba menyusun balok, siswa juga antusias mengikuti lomba menggambar. Dengan adanya lomba bakat dan minat ini diharapkan bisa menumbuhkan siswa–siswa berprestasi.

#bakatdanminat #sekolahislamterpadu #lomba

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x