Kompas TV regional berita daerah

Jalan Umum di Solo Diubah Jadi Lokasi Wisata Seni Budaya

Kompas.tv - 24 Oktober 2022, 10:02 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Sepanjang jalan menuju Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah yang sebelumnya kurang terurus akan diubah menjadi lokasi Wisata Seni Jalanan. Mengambil konsep wisata berbasis seni jalanan, nantinya lokasi yang dekat dengan Pura Mangkunegaran ini akan menjadi wahana ekspresi dan beragam pentas seni. 

Koridor Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto Kota Solo kini tengah dibenahi akan menjadi ikon wisata baru di Solo. Proses pembangunan dan pembenahan ditargetkan selesai pada Desember tahun ini, sehingga Solo siap dan terbuka untuk penyelenggaraan acara-acara bertaraf internasional, termasuk seni budaya. Selain sebagai penunjang, lokasi ini juga akan dijadikan sarana mementaskan potensi daerah.

"Harus kita akui tidak selebar dan tidak sepanjang Malioboro. Nanti penguatannya di konten-konten. Makanya kemarin saya bertemu sama Pak Sardono di Semarang ya tugasnya untuk mengisi konten di sini," ujar Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo.

"Kalau misalnya ditarik beberapa lalu ya, sebenarnya dulu di sini yang mengawali kaya model-model Citayem Fashion Week, ngerti nggak?. Makanya nanti kita hidupkan lagi," lanjutnya.

Selama ini banyak jalanan di Kota Solo yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Kini dengan penataan yang baik, konsep yang jelas, diharapkan ini akan menjadi daya tarik wisata baru yang akan mendatangkan manfaat bagi masyarakat.

#puramangkunegaran #solo #senibudaya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x