Kompas TV regional berita daerah

IDAI Kota Palu Imbau Warga Waspada Penyakit Gagal Ginjal Akut

Kompas.tv - 23 Oktober 2022, 10:33 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPAS.TV - Ikatan Dokter Anak Indonesia Kota Palu mengimbau warga tidak panik namun tetap waspada pada gejala gagal ginjal akut pada anak. Penggunaan obat sirup pun disarankan untuk dikurangi.

Data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Kota Palu mencatat belum ada pasien positif mengidap gagal ginjal akut pada anak. Meski demikian, warga tetap waspada dan segera bawa ke dokter jika ada anak yang mengalami gejala demam, gangguan pencernaan, gangguan pernapasan hingga sulit kencing.

Di Kota Palu sempat ada dua pasien suspect gagal ginjal akut, namun setelah ditelusuri, dua pasien itu tidak masuk dalam kategori gagal ginjal akut. Dokter Spesialis Anak Dokter Amsyar Praja mengatakan bagi anak yang dengan sakit tertentu dan perlu konsumsi obat sirup harus dengan keterangan dokter.

Pemerintah sendiri telah mengeluarkan surat edaran tentang batasi obat sirup pada anak dan telah diikuti oleh apotek dan toko obat di Kota Palu. Warga pun juga ikut batasi dan lebih memilih obat tablet jika memerlukan obat pada sakit tertentu.

#GagalGinjalAkut #IkatanDokterAnakIndonesia #IDAI 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x