Kompas TV regional berita daerah

Petani Tembakau Ngawi Studi Banding Kemitraan Perusahaan Ke Lumajang

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 20:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Puluhan petani tembakau asal Kabupaten Ngawi melakukan kunjungan ke sejumlah sentra tembakau di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, pada Kamis (20/10/2022) siang.

Salah satu daerah sentra tembakau  yang dikunjungi berada di Desa Yosowilangun Kidul Kecamatan Yosowilangun. Di daerah itu kebanyakan warganya menjadi petani tembakau. Tembakau yang paling banyak ditanam jenis kasturi.

Menurut, Ketua APTI Lumajang, Dwi Wahyono, petani di daerah itu menjaga betul kualitas tanaman tembakau agar dapat bersaing dan hasilnya memuaskan. Bahkan produksi tembakau di Kecamatan Yosowilangun yang terbesar di Lumajang dengan tingkat produksi 3 ton setiap hektarnya.

Baca Juga: Apti Lumajang Meminta Cukai Hasil Tembakau Tidak Naik

Pengurus Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Ngawi sengaja memilih Lumajang untuk studi banding, karena daerah itu merupakan daerah penghasil tembakau, yang sukses menjalin kerjasama dengan perusahaan kemitraan sehingga seluruh tembakau petani dapat terserap.

Dengan kunjungan itu diharapkan petani tembakau di Ngawi dapat mendorong pemerintah daerah setempat untuk menjalin kemitraan dengan perusahaan tembakau maupun rokok sehingga petani tembakau dapat memasarkan tembakaunya dan meningkatkan produksinya.

 

#petanitembakau #perusahaanrokok #ngawi #lumajang #apti



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x