Kompas TV regional berita daerah

Kisah Sukses Penenun Songket Motif Khas Aceh

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 13:36 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH BESAR, KOMPAS.TV - Beginilah proses produksi kain songket milik darliana di Workshop Mutiara Songket di gampong Krueng Kalee Darussalam Aceh Besar. Menggunakan alat tenun kaki tangan, Darliana dibantu anak dan menantu mengerjakan songket pesanan pelanggan. Usaha songket Aceh ini, dimulai sejak 2019 silam dengan usaha mutiara songket setelah mendapatkan bantuan dari Bank Indonesia dan binaan oleh Dekranasda Aceh Besar.

Untuk produksi Darliana dan para penenunnya mampu menenun songket motif Aceh 5 hingga 8 kain. Namun bila ada pesanan berlebih dirinya dan para penenun harus bekerja ekstra. Sementara untuk harga jual Darliana, membandrol kain songket nya dengan ukuran 1,8 meter seharga 1,7 juta rupiah. Desainer Didiet Maulana dan Ariel Tatum adalah selebritas yang telah menggunakan produk mutiara songket.

Darliana sendiri belajar menenun songket sejak usia belasan. Menenun secara tradisional lewat gurunya yaitu Nyak Mu. Ilmu dari Nyak Mu inilah yang membuat Darliana mampu membuat berbagi motif kain tenun songket Aceh seperti Pinto Aceh, Bungong Kupula, Bungong Meulu, motif kertas Canden, Mata Kucing, Pucuk Meriya dan Bungong Geulima.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x