Kompas TV regional berita daerah

Gajah Sumatera Mati di Aceh Timur

Kompas.tv - 18 Oktober 2022, 16:16 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Seekor gajah Sumatera berjenis kelamin betina ditemukan mati di area perkebunan warga di desa Sri Mulya kecamatan Peunaron, Aceh Timur.

Tim BKSDA Aceh bersama dokter hewan langsung melakukan nekropsi terhadap bangkai gajah untuk mengetahui penyebab kematiannya. Dari hasil pemeriksaan diduga gajah liar ini memakan pupuk dan cairan pestisida yang terdapat pada sebuah gubuk yang berdekatan dengan lokasi temuan bangkai gajah.

Awalnya gajah merusak gubuk warga yang berlokasi sekitar 150 meter dari tempat bangkai gajah ditemukan. Setelah ditelusuri, digubuk itu terdapat barang-barang pertanian serta pupuk yang sudah bercecer ke tanah dan diduga dimakan oleh gajah itu. Ternyata gajah liar itu terpisah dengan kawanannya saat melintasi jalur habitat mereka, sehingga terpaksa mencari makanan yang berada di kawasan perkebunan warga.

Sementara itu dari hasil pemeriksaan tidak ada luka fisik yang dialami gajah. Tim BKSDA Aceh sudah melakukan upaya penanganan konflik antara satwa liar dengan manusia. Salah satunya dengan melakukan tata kelola penanganan kasus gajah Sumatera ini yang melibatkan semua pihak baik pemerintah daerah, swasta maupun masyarakat setempat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x