Kompas TV regional berita daerah

Presiden Jokowi Mampir ke Pura Mangkunegaran Solo

Kompas.tv - 18 Oktober 2022, 12:45 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo bersama lima orang menterinya mengunjungi Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah. Presiden Jokowi tiba di Pura Mangkunegaran dan langsung masuk untuk bertemu dengan KGPAA Mangkunagoro ke X  Minggu (16/10/2022) siang. Kemudian presiden berkeliling pura untuk melihat revitalisasi yang tengah berjalan. Terlihat mendampingi presiden sejumlah menteri seperti Menko Marves Luhut Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Presiden Jokowi sempat berdiskusi dengan para menteri dan juga KGPAA Mangkunagoro ke X di dekat gerbang utama pura. Terlihat presiden memberikan instruksi sembari menunjuk ke arah selatan Pura Mangkunegaran. Tanpa memberikan keterangan kepada media, presiden dan rombongan langsung meninggalkan lokasi. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan KGPAA Mangkunagoro ke X menjelaskan agenda presiden ke Mangkunegaran.

"Yang jelas kami Pemerintah Kota Solo dibantu juga pemerintah pusat sangat berkomitmen untuk merawat Mangkunegaran ini sebagai salah satu aset ya. Kalo kita lihat ini kan sudah sangat asri, sudah sangat bersih, sudah sering dijadikan tempat event-event, bahkan event internasional," ujar Gibran.

"Jadi ini nanti akan kita jadikan salah satu ikon, salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Solo," ujarnya.

"Pertama tentu kami silaturahmi ya mas. Kedua tentu bagaimana kita bersama-sama bisa diskusi, untuk bisa menjaga kebudayaan. Bagaiman terus bisa kita lestarikan, terus bisa menjadi bagian perkembangna terutama di Kota Solo," kata KGPAA Mangkunagoro X.

Namun, keduanya membantah, agenda presiden ini terkait persiapan pernikahan Kaesang Pangarep. Presiden membawa lima orang menteri untuk memastikan revitalisasi dan pembangunan wisata di Pura Mangkunegaran berjalan lancar.

#presidenjokowi #gibran #solo

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x