Kompas TV regional berita daerah

Pengaspalan Ruas Jalan Gunakan Spesifikasi Tinggi

Kompas.tv - 18 Oktober 2022, 11:02 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Inilah satu-satunya ruas jalan Protokol di indonesia yang menggunakan aspal spesifikasi tinggi dengan Penetration Grade (PG) 82 seperti yang digunakan di Sirkuit Mandalika Lombok. Peningkatan ruas jalan Protokol kawasan alun-alun Kota Tegal sepanjang satu kilometer dikerjakan selama sepekan sejak 9 Oktober lalu.

 

Namun, berbeda dengan bahan aspal Sirkuit Mandalika yang diimpor dari Inggris, aspal modifikasi PG 82 dari sebuah produsen di Semarang ini menggunakan aspal dalam negeri dengan TKDN 98 persen. Yakni aspal pertamina yang dimodifikasi bahan aditif. 

 

Direktur PT. MAS, Mandala Aspal Nusa Sejahtera, pemasok aspal dari Semarang, mengatakan aspal modifikasi buatanya telah diuji di Laboratorium Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional DKI Jabar Kementerian PUPR dan sudah memenuhi syarat sesuai kualifikasi PG 82 seperti yang digunakan di Sirkuit Mandalika. 

 

Secara ekonomis, harga aspal PG 82 lebih mahal dua kali lipat. Namun karena ketebalan aspal PG 82 lebih tipis dibanding aspal pada umumnya. Sehingga jika dibandingkan dengan volume pengaspalan maka biaya yang dikeluarkan akan sama namun dengan kualitas yang lebih baik.

 

Rencananya Jalan Protokol kawasan alun-alun Kota Tegal ini akan digunakan sebagai lintasan para penggemar sepatu roda dan event otomotif lainnya. Peningkatan aspal alun-alun ini menggunakan APBD Kota Tegal 2022 dengan menelan biaya Rp. 4,8 miliar rupiah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x